Senin, 10 September 2018

TUGAS 2 Pemrograman Berorientasi Objek



PROGRAM MENGHITUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DUA DIMENSI


Tugas 2 
Mata Kuliah       : Pemrograman Berbasis Objek (PBO)
Kelas                  : PBO A
Nama                 : Atika Rizki Nurakhmah
NRP                   : 05111740000015

  • Source Code Main 
/**  
  *Program untuk menghitung Luas dan Keliling bangun 2D  
  *  
 * @author (Atika Rizki Nurakhmah)  
  * @version (0.2/2018)  
  */  
 class MyMain  
 {  
   public static void main(String args[])  
   {  
     Circle aCircle;  
     aCircle = new Circle();  
     double area = aCircle.area();  
     double circumf = aCircle.circumference();  
     System.out.println("LUAS dan KELILING LINGKARAN");  
     System.out.println("Radius="+aCircle.r);  
     System.out.println("Luas="+area);  
     System.out.println("Keliling="+circumf);  
     System.out.println();  
     Square aSquare;  
     aSquare = new Square();  
     double luas=aSquare.luas();  
     double keliling=aSquare.keliling();  
     System.out.println("LUAS dan KELILING BUJURSANGKAR");  
     System.out.println("Sisi="+aSquare.x);  
     System.out.println("Luas="+luas);  
     System.out.println("Keliling="+keliling);  
     System.out.println();  
     Segitiga aSegitiga;  
     aSegitiga = new Segitiga();  
     double luassegi3=aSegitiga.luassegi3();  
     double kelilingsegi3=aSegitiga.kelilingsegi3();  
     System.out.println("LUAS dan KELILING SEGITIGA");  
     System.out.println("Sisi 1 (sebagai alas)="+aSegitiga.sisi1);  
     System.out.println("Sisi 2="+aSegitiga.sisi2);  
     System.out.println("Sisi 3="+aSegitiga.sisi3);  
     System.out.println("Tinggi="+aSegitiga.tinggi);  
     System.out.println("Luas="+luassegi3);  
     System.out.println("Keliling="+kelilingsegi3);  
     System.out.println();  
     PersegiPanjang aPersegiPanjang;  
     aPersegiPanjang = new PersegiPanjang();  
     double arearec=aPersegiPanjang.arearec();  
     double kelrec=aPersegiPanjang.kelrec();  
     System.out.println("LUAS dan KELILING PERSEGI PANJANG");  
     System.out.println("Panjang="+aPersegiPanjang.panjang);  
     System.out.println("Lebar="+aPersegiPanjang.lebar);  
     System.out.println("Luas="+arearec);  
     System.out.println("Keliling="+kelrec);  
     System.out.println();  
     BelahKetupat aBelahKetupat;  
     aBelahKetupat = new BelahKetupat();  
     double luasbk=aBelahKetupat.luasbk();  
     double kelbk=aBelahKetupat.kelbk();  
     System.out.println("LUAS dan KELILING BELAH KETUPAT");  
     System.out.println("Sisi="+aBelahKetupat.sisi);  
     System.out.println("Diagonal 1="+aBelahKetupat.diagonal1);  
     System.out.println("Diagonal 2="+aBelahKetupat.diagonal2);  
     System.out.println("Luas="+luasbk);  
     System.out.println("Keliling="+kelbk);  
     System.out.println();  
     JajaranGenjang aJajaranGenjang;  
     aJajaranGenjang = new JajaranGenjang();  
     double luasjar=aJajaranGenjang.areajar();  
     double keljar=aJajaranGenjang.keljar();  
     System.out.println("LUAS dan KELILING JAJARAN GENJANG");  
     System.out.println("Sisi 1 (sebagai alas)="+aJajaranGenjang.sisi1);  
     System.out.println("Sisi 2="+aJajaranGenjang.sisi2);  
     System.out.println("Tinggi="+aJajaranGenjang.tinggi);  
     System.out.println("Luas="+luasjar);  
     System.out.println("Keliling="+keljar);  
     System.out.println();  
   }  

  • Source Code Circle 
/**  
  * Program untuk menghitung luas dan keliling lingkaran.  
  *  
  * @author (Atika Rizki Nurakhmah)  
  * @version (0.2/01.2018)  
  */  
 public class Circle extends MyMain  
 {  
   public double x,y;  
   public double r;  
   public Circle (){  
     x = 10.0;  
     y = 20.0;  
     r= 5.0;  
   }  
   public double circumference()  
   {  
     return 2*3.14*r;  
   }  
   public double area(){  
     return 3.14*r*r;  
   }  
 }  

  • Source Code Square
 /**  
  * Program untuk menghitung luas dan keliling bujursangkar.  
  *  
  * @author (Atika Rizki Nurakhmah)  
  * @version (0.2/02.2018)  
  */  
 public class Square extends MyMain  
 {  
   public double x;  
   public Square(){  
     x=10.0;  
   }  
   public double luas()  
   {  
     return x*x;  
   }  
   public double keliling()  
   {  
     return 4*x;  
 }  
 }  

  • Source Code Segitiga
 /**  
  * Program untuk menghitung luas dan keliling segitiga.  
  *  
  * @author (Atika Rizki Nurakhmah)  
  * @version (0.2/03.2018)  
  */  
 public class Segitiga extends MyMain  
 {  
   public double sisi1;  
   public double sisi2;  
   public double sisi3;  
   public double tinggi;  
   public Segitiga(){  
     sisi1=10.0;  
     sisi2=15.0;  
     sisi3=20.0;  
     tinggi=25.0;  
   }  
   public double luassegi3()  
   {  
     return 0.5*sisi1*tinggi;  
   }  
   public double kelilingsegi3()  
   {  
     return sisi1+sisi2+sisi3;  
 }  
 }  

  • Source Code Persegi Panjang
 /**  
  * Program untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang.  
  *  
  * @author (Atika Rizki Nurakhmah)  
  * @version (0.2/04.2018)  
  */  
 public class PersegiPanjang extends MyMain  
 {  
   public double panjang;  
   public double lebar;  
   public PersegiPanjang()  
   {  
    panjang = 18.5;  
    lebar = 12.5;  
   }  
   public double arearec()  
   {  
     return panjang*lebar;  
   }  
   public double kelrec()  
   {  
     return 2*(panjang+lebar);  
 }  
 }  

  • Source Code Belah Ketupat
 /**  
  * Program untuk menghitung luas dan keliling belah ketupat.  
  *  
  * @author (Atika Rizki Nurakhmah)  
  * @version (0.2/05.2018)  
  */  
 public class BelahKetupat extends MyMain  
 {  
   public double sisi;  
   public double diagonal1;  
   public double diagonal2;  
   public BelahKetupat ()  
   {  
     sisi= 10.0;  
     diagonal1= 6.0;  
     diagonal2= 8.0;  
   }  
   public double luasbk()  
   {  
     return 0.5*diagonal1*diagonal2;  
   }  
   public double kelbk()  
   {  
     return 4*sisi;  
   }  
 }  

  • Source Code Jajaran Genjang

 /**  
  * Program untuk menghitung luas dan keliling jajaran genjang.  
  *  
  * @author (Atika Rizki Nurakhmah)  
  * @version (0.2/06.2018)  
  */  
 public class JajaranGenjang extends MyMain  
 {  
   public double sisi1;  
   public double sisi2;  
   public double tinggi;  
   public JajaranGenjang()  
   {  
     sisi1=14.5;  
     sisi2=10.0;  
     tinggi=6.0;  
   }  
   public double areajar()  
   {  
     return sisi1*tinggi;  
   }  
   public double keljar()  
   {  
     return 2*(sisi1+sisi2);  
   }  
 }  



Hasil jadi program :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EAS PBO - Membuat Image Viewer

Membuat Image Viewer (Versi update + editor)   Nama : Atika Rizki Nurakhmah Nrp    : 05111740000015 Kelas : PBO - A ...