PROGRAM MENGHITUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DUA DIMENSI
Tugas 2
Mata Kuliah : Pemrograman Berbasis Objek (PBO)
Kelas : PBO A
Nama : Atika Rizki Nurakhmah
NRP : 05111740000015
- Source Code Main
/**
*Program untuk menghitung Luas dan Keliling bangun 2D
*
* @author (Atika Rizki Nurakhmah)
* @version (0.2/2018)
*/
class MyMain
{
public static void main(String args[])
{
Circle aCircle;
aCircle = new Circle();
double area = aCircle.area();
double circumf = aCircle.circumference();
System.out.println("LUAS dan KELILING LINGKARAN");
System.out.println("Radius="+aCircle.r);
System.out.println("Luas="+area);
System.out.println("Keliling="+circumf);
System.out.println();
Square aSquare;
aSquare = new Square();
double luas=aSquare.luas();
double keliling=aSquare.keliling();
System.out.println("LUAS dan KELILING BUJURSANGKAR");
System.out.println("Sisi="+aSquare.x);
System.out.println("Luas="+luas);
System.out.println("Keliling="+keliling);
System.out.println();
Segitiga aSegitiga;
aSegitiga = new Segitiga();
double luassegi3=aSegitiga.luassegi3();
double kelilingsegi3=aSegitiga.kelilingsegi3();
System.out.println("LUAS dan KELILING SEGITIGA");
System.out.println("Sisi 1 (sebagai alas)="+aSegitiga.sisi1);
System.out.println("Sisi 2="+aSegitiga.sisi2);
System.out.println("Sisi 3="+aSegitiga.sisi3);
System.out.println("Tinggi="+aSegitiga.tinggi);
System.out.println("Luas="+luassegi3);
System.out.println("Keliling="+kelilingsegi3);
System.out.println();
PersegiPanjang aPersegiPanjang;
aPersegiPanjang = new PersegiPanjang();
double arearec=aPersegiPanjang.arearec();
double kelrec=aPersegiPanjang.kelrec();
System.out.println("LUAS dan KELILING PERSEGI PANJANG");
System.out.println("Panjang="+aPersegiPanjang.panjang);
System.out.println("Lebar="+aPersegiPanjang.lebar);
System.out.println("Luas="+arearec);
System.out.println("Keliling="+kelrec);
System.out.println();
BelahKetupat aBelahKetupat;
aBelahKetupat = new BelahKetupat();
double luasbk=aBelahKetupat.luasbk();
double kelbk=aBelahKetupat.kelbk();
System.out.println("LUAS dan KELILING BELAH KETUPAT");
System.out.println("Sisi="+aBelahKetupat.sisi);
System.out.println("Diagonal 1="+aBelahKetupat.diagonal1);
System.out.println("Diagonal 2="+aBelahKetupat.diagonal2);
System.out.println("Luas="+luasbk);
System.out.println("Keliling="+kelbk);
System.out.println();
JajaranGenjang aJajaranGenjang;
aJajaranGenjang = new JajaranGenjang();
double luasjar=aJajaranGenjang.areajar();
double keljar=aJajaranGenjang.keljar();
System.out.println("LUAS dan KELILING JAJARAN GENJANG");
System.out.println("Sisi 1 (sebagai alas)="+aJajaranGenjang.sisi1);
System.out.println("Sisi 2="+aJajaranGenjang.sisi2);
System.out.println("Tinggi="+aJajaranGenjang.tinggi);
System.out.println("Luas="+luasjar);
System.out.println("Keliling="+keljar);
System.out.println();
}
- Source Code Circle
/**
* Program untuk menghitung luas dan keliling lingkaran.
*
* @author (Atika Rizki Nurakhmah)
* @version (0.2/01.2018)
*/
public class Circle extends MyMain
{
public double x,y;
public double r;
public Circle (){
x = 10.0;
y = 20.0;
r= 5.0;
}
public double circumference()
{
return 2*3.14*r;
}
public double area(){
return 3.14*r*r;
}
}
- Source Code Square
/**
* Program untuk menghitung luas dan keliling bujursangkar.
*
* @author (Atika Rizki Nurakhmah)
* @version (0.2/02.2018)
*/
public class Square extends MyMain
{
public double x;
public Square(){
x=10.0;
}
public double luas()
{
return x*x;
}
public double keliling()
{
return 4*x;
}
}
- Source Code Segitiga
/**
* Program untuk menghitung luas dan keliling segitiga.
*
* @author (Atika Rizki Nurakhmah)
* @version (0.2/03.2018)
*/
public class Segitiga extends MyMain
{
public double sisi1;
public double sisi2;
public double sisi3;
public double tinggi;
public Segitiga(){
sisi1=10.0;
sisi2=15.0;
sisi3=20.0;
tinggi=25.0;
}
public double luassegi3()
{
return 0.5*sisi1*tinggi;
}
public double kelilingsegi3()
{
return sisi1+sisi2+sisi3;
}
}
- Source Code Persegi Panjang
/**
* Program untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang.
*
* @author (Atika Rizki Nurakhmah)
* @version (0.2/04.2018)
*/
public class PersegiPanjang extends MyMain
{
public double panjang;
public double lebar;
public PersegiPanjang()
{
panjang = 18.5;
lebar = 12.5;
}
public double arearec()
{
return panjang*lebar;
}
public double kelrec()
{
return 2*(panjang+lebar);
}
}
- Source Code Belah Ketupat
/**
* Program untuk menghitung luas dan keliling belah ketupat.
*
* @author (Atika Rizki Nurakhmah)
* @version (0.2/05.2018)
*/
public class BelahKetupat extends MyMain
{
public double sisi;
public double diagonal1;
public double diagonal2;
public BelahKetupat ()
{
sisi= 10.0;
diagonal1= 6.0;
diagonal2= 8.0;
}
public double luasbk()
{
return 0.5*diagonal1*diagonal2;
}
public double kelbk()
{
return 4*sisi;
}
}
- Source Code Jajaran Genjang
/**
* Program untuk menghitung luas dan keliling jajaran genjang.
*
* @author (Atika Rizki Nurakhmah)
* @version (0.2/06.2018)
*/
public class JajaranGenjang extends MyMain
{
public double sisi1;
public double sisi2;
public double tinggi;
public JajaranGenjang()
{
sisi1=14.5;
sisi2=10.0;
tinggi=6.0;
}
public double areajar()
{
return sisi1*tinggi;
}
public double keljar()
{
return 2*(sisi1+sisi2);
}
}
Hasil jadi program :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar